Perkenalan dengan Apple

Beberapa waktu yang lalu saya kedatangan tamu dari Emax Indonesia salah satu Premium Resseler Apple. Beliau adalah Pak Mahendra sebagai area manager Emax. Sebelumnya mereka ke UGM bertemu dengan Pak Toni Wakil Rektor Kerjasama UGM yang kemudian diarahkan untuk berdiskusi dengan kami untuk mengeksploreasi peluang kerjasama khususnya market Jogjakarta.

Saya sendiri adalah orang yang sightless dengan produk Apple. Maklum belum pernah menggunakan sistem yang berplatform Mac. Produk Apple yang saya miliki hanya lah Ipod.

Pak Mahendra datang ke kantor saya Inspira, menjelaskan tentang produk-produk Apple khususnya notebook imac. Saya sangat kagum dengan kemampuan Mac dalam memrposes grafis dan animasi. Sangat jauh dibandingkan dengan PC biasa. Memang keunggulan dan differensiasi Apple ada di graphic processoring.

Yang saya lihat, Apple sangat concern untuk menciptakan sistem yang userfriendly. Dan mereka sepertinya ingin membuat sesuatu yang memudahkan pengguna dalam melakukan sesuatu. Bahkan kata Pak Mahendra anak SD pun bisa membuat website atau animasi interaktif dengan diajari 10 menit saja. Saya melihat ini adalah suatu keunggulan yang sangat bagus. Sebagai orang IT saya melihat bahwa pada dasarnya sederhana, Apple membuat banyak template yang sangat menarik, sehingga akan memudahkan orang dalam membuat sesuatu. Nah, ketika market (pengguna) adalah orang yang awam komputer maka tentunya akan mencari produk yang mudah untuk digunakan. Apple dalam hal ini bisa menjadi first option.

Dalam hal software, Mac juga memiliki cara cerdas dalam menjual khususnya dalam pricing. Bahkan dengan minimal pembelian 5 license maka dia akan mengunlimitedkan licensenya (note : dlm satu instansi). Padahal harga 5 license nya pun cukup murah sekali. Bisa kita bayangkan kalau di Indonesia ini sudah menerapkan software License secara strict, pasti orang akan melirik Apple.

Dan saya coba menduga-duga disini sepertinya Apple punya tujuan tertentu, yaitu mencoba mendorong penjualan hardware nya. Karena kalau sudah punya software license nya, masak tidak punya hardware nya. Ya..sia-sia dong punya unlimited license. Maka akan muncul keinginan bagi user utk membeli hardware nya. Saya rasa ini  bisa menjadi strategi yang menarik bagi para pemain bisnis IT

Apple pun juga punya  para reseller nya untuk tidak hanya sekedar sales (transactional). Para Reseller dituntut untuk mengembangkan “community”. Salah contoh  sebagai Premium Reseller, Emax pun sedang membuat sebuah Creative House di berbagai daerah. Dengan creative house ini, para user Apple secara bebas dapat menggunakan fasilitas yang disediakan untuk bikin kerjaan, sharing knowledge dan hang out. Bahkan recananya akan 24 jam. Benar-benar effort yang serius dalam memberikan pelayanan bagi para customer nya. Apakah ini dimiliki oleh Microsoft ? Saya rasa tidak!

Saya anggap Apple sangat cerdas dalam menggarap market nya. Dari positioning produknya apple pun sudah jelas membidik pada niche market, tidak confront langsung dengan pemain besar Microsoft. Keuntungan niche market adalah biasanya mereka akan sangat loyal. Buktinya teman saya yang pengguna Mac, sangat semangat sekali menceritakan keunggulan notebook imac nya. Bahkan sudah seperti influencer.

Btw terima kasih buat Pak Mahendra Emax Indonesia, yang sudah meminjamkan saya 2 notebooknya. Setelah saya explore, testimoni saya : Banyak hal yang saya kagumi dr userinterface nya. Apple benar-benar memikirkan kenyamanan pengguna, bahkan sampai hal-hal yang tidak kita pikirkan. Contoh jg charger notebook  nya pun special. Selain bentuknya menawan ada magnet untuk menempelkan ke notebook. Kelebihannya, kalau kita punya anak kecil dan dia tersandung kabel, maka notebook kita tidak akan tertarik jatuh. Karena kabel yg menempel dengan magnet tsb akan lepas duluan. Brilliant.

Sukses buat Emax Indonesia yang rencananya akan membuat branch dan creative house nya di Jogjakarta.

Leave a Reply

