Kunjungan ke Sekolah Indonesia Bangkok (SIB)

Dalam rangka kerjasama pengembangan Sistem Informasi untuk Sekolah Indonesia Bangkok, pada tanggal 20 Februari saya terbang ke Bangkok. Saya pergi berdua dengan rekan saya Toto Priyono sebagai manager content provider di perusahaan. Agenda utama adalah penandatangan kerjasama dan juga melakukan gathering user requirement. Pesawat kami sempat delay dari Kuala Lumpur ke Bangkok. Akhirnya sampai di bandara Svarnabhumi pukul 03.00 dini hari. Di bandara kami di jemput oleh Pak Bekti, Pak Sholeh dan Pak Didit. Beliau-beliau adalah para pengelola dan pengajar Sekolah Indonesia Bangkok.

SIB berada di Petchbury Road dan berlokasi di dalam area Indonesian Embassy. Tempatnya cukup luas dan nyaman. SIB ini meliputi SD, SMP dan SMA. Selain itu juga ada kindergarten. Hari pertama kami di bertemu dengan ibu Kepala Sekolah yaitu Bu Wuryanti. Saya merasa senang sekali karena di sana sambutan kepala sekolah dan guru sangat lah ramah, friendly dan masih terasa kental culture Jawa. Kharakter Indonesia nya masih bertahan, padahal mereka sudah belasan tahun di Bangkok. Amazing!

 sib3.jpg  embassy.jpg

Sewaktu kami di sana, SIB sedang banyak sekali agenda kegiatan. Salah satunya camping pramuka. Saya merasa bangga sekali, karena pramuka di sana malah lebih digalakkan di bandingkan di Indonesia yang malah sudah mulai luntur. Ini merupakan bagian dari SIB membangun keunikan/kekhasan serta upaya mempertahankan culture bangsa Indonesia meskipun mereka tidak berada di Indonesia. Waktu yang cukup sempit tersebut kami gunakan untuk analisa kebutuhan sistem. Di SIB memiliki seorang pengajar yang juga jago IT meskipun belajar otodidak, yaitu Pak Sholeh. Dengan pengalaman beliau dalam mengembangan IT maka kami dengan mudah mendifinisikan kebutuhan dari SIB. Selain itu kami juga dibantu oleh Pak Bekti dan Bu Intan (atau juga Bu Bekti) untuk melengkapi analisa kebutuhan. Business process di Sekolah Indonesia Luar Negri memang sangat berbeda dengan sekolah yang ada di Indonesia. Kalau di sana siswa yang bergerak, bukan guru yang berpindah kelas.

mbs.png

Hari terakhir saya disana, adalah penandatangan kerjasama SIB dengan PT. Inspira Inovasi Indonesia dan juga sosialisasi kepada orang tua. Ibu Kepala Sekolah menyampaikan program MBS (management berbasis sekolah) yang sedang dikembangkan di SIB sebagai bentuk respon terhadap otonomi dalam dunia pendidikan serta menciptakan daya saing SIB. Selanjutnya saya menjelaskan tentang pengembangan Sistem Informasi Akademik yang align (selaras) dan mendukung terwujudnya MBS. Sistem yang kami kembangkan pada prinsipnya adalah menjembatani kebutuhan dari para stakeholder (pengelola sekolah, guru dan para orang tua siswa serta eksekutif), sehingga informasi dapat diakses secara mudah dan mampu mendukung proses pelayanan akademik yang efektif dan efisien. Pada acara sosialisasi tersebut juga di hadiri  oleh Bapak Djumantoro Purbo sebagai minister di Kedutaan Besar.

sib2.jpg  sib4.jpg

Sore harinya  kami sempat diajak jalan-jalan oleh Pak Sholeh. Kami mencoba transportasi air nya Bangkok dengan menggunakan kapal. Kami juga melihat obyek wisata temple yang cukup tinggi seperti Prambanan.

Pagi nya pukul 05.00 kami ke air port diantar oleh Pak Bekti, Bu Intan dan Pak Sholeh serta staff embassy yang berkewarganegaran Thailand. Saya berterima kasih sekali karena sudah diantar bahkan dibawakan oleh-oleh. Ternyata ada oleh-oleh bumbu Tom Yam juga. Disana saya belum bisa menikmati Tom Yam gara-gara disana masakan dicampuri dengan Daun Ketumber (Pakci) yang membuat bau nya bikin pusing hehe. Langsung di rumah istri, saya minta besok Minggu untuk membuatkan Tom Yam Koong ala Bangkok.

Begitu lah journey saya ke Bangkok, sebuah pengalaman yang menyenangkan bertemu dengan rekan-rekan Sekolah Indonesia Bangkok. Sukses selalu buat SIB dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan warga Indonesia di luar negri.

Yuda Wicaksana Putra

One thought on “Kunjungan ke Sekolah Indonesia Bangkok (SIB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s