Masalah Fatal di Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 yang saat ini menjadi produk andalan kelas atasnya Samsung memang menawarkan berbagai keunggulan fitur dan spesifikasi yang handal. Processor Octa core, kamera 13 MP dan berbagai fitur canggih seperti Air View, Air Gesture, Mation dan lain-lain yang tidak ditemukan di ponsel lain.

Namun dibalik itu ternyata ada masalah yang bisa dibilang sangat fatal, yaitu Overheat panas yang berlebihan dan baterai yang sangat boros. Ketika digunakan secara normal saja baterai sudah habis dalam 10 jam. Pada kondisi ini fitur-fitur canggih Samsung Galaxy S4 sudah dimatikan (posisi off). Jika tidak maka mungkin baterai hanya bertahan 5-7 jam saja. Akan terlihat lebih parah lagi ketika kita mencoba memainkan game dalam 10 menit bermain game maka kita akan merasakan panas luar biasa dan baterai dapat habis dalam 2 jam saja ketika kita gunakan untuk bermain game meskipun posisi awal charging 100%.

Setelah saya membaca berbagai forum internasional, ternyata masalah overheat dan baterai yang boros sudah menjadi issue global para pengguna Galaxy S4 di berbagai negara. Anda bisa gunakan kata kunci “samsung galaxy s4 overheating” maka akan banyak ditemukan banyak komplain. Bahkan di beberapa negara Samsung menawarkan penggantian baterai karena ada kasus baterai mudah melembung. Namun masalah utama bukan hanya pada baterai tetapi pada device nya sendiri. Banyak juga yang telah menukarkan handset mereka ke service center dan yang terjadi handset baru juga mengalami kasus serupa.

Masalah utama Samsung Galaxy S4 yang saya alami antara lain :

1. Overheat, ponsel Samsung Galaxy S4 akan mudah panas dalam waktu singkat ketika digunakan untuk main Game atau aktivitas biasa seperti browsing.  Untuk browsing dan cek email suhu mencapai 35-37 Derajat Celcius. Sedangkan ketika dipakai untuk bermain Game suhu diatas 40 Derajat hingga mencapai 50 Derajat. Sehingga ketika kita menelpon maka terasa tidak nyaman ketika ponsel ditempelkan di telinga. Terpaksa kita gunakan Speaker On. Perlu diwaspadai kasus MicroSD rusak dan terbakar akibat panas yang tinggi ini. Dapat kita duga panas ini berasal dari processor dia yang Octa Core, namun sepertinya terjadi masalah dan ketidakwajaran pada firmware yang masih bermasalah dalam manage speed processor sehingga pada aktivitas biasa processor bekerja keras yang menyebabkan panas tinggi di area display dan bagian kamera belakang.

1385285386383953203
Suhu mencapai 40 derajat lebih dalam beberapa menit setelah digunakan memainkan game standar

2. Baterai yang sangat boros, Baterai Samsung Galaxy S4 cepat sekali habis meskipun kita sudah aktifkan Power Saving Mode. Termasuk membuat brightness pada posisi 30-40% saja. Mematikan berbagai fungsi canggih di Samsung Galaxy S4 tidak terlalu membantu. Mematikan fungsi canggih ini artinya sama saja kita memiliki ponsel canggih tetapi tidak bisa menikmati fiturnya. Menjadi tidak beda kita dengan memiliki smarphone biasa. Sebelum menggunakan Samsung Galaxy S4, saya menggunakan Samsung Galaxy Note II dan saya sangat puas dengan baterainya yang menggunakan 3100 mA dan sangat awal untuk kebutuhan seharian. Sebenarnya baterai Galaxy S4 sudah cukup bagus dengan baterai 2600 mA dibanding smartphone yang lain, namun sepertinya ada masalah serius dengan ponsel ini sehingga konsumsi baterai luar biasa besar. Saat ini dalam sehari saya bisa melakukan charging baterai sampai 3x  untuk keperluan pagi hingga malam.

3. Kamera dengan Mega pixel luar biasa namun hasilnya sangat buruk. Samsung Galaxy S4 yang ditanamkan 13 Mb ternyata hasilnya sangat mengecewakan. Permasalahan yang pertama adalah over brightness, kecerahan yang terlalu tinggi dan mengganggu.  Ketika ada sumber cahaya akan sangat terasa mengganggu karena gambar menjadi kehilangan detail, sebaliknya ketika sumber cahaya sedikit yang terjadi tingkat noise nya sangat tinggi. Masalah kamera ini juga dialami banyak pengguna di luar negri. Ada yang menduga karena Samsung Galaxy S4 masih ada bugs di firmware namum bisa juga diakibatkan defect pada kamera. Selain masalah over brightness masalah lain yang juga muncul adalah ponsel terkadang tiba-tiba restart ketika swtiching mode kamera depan dan belakang.

1385282227181380427
overbrightness

Sayang permasalah ini belum terlalu mengemuka di Indonesia, namun beberapa forum sudah mulai mengungkap masalah ini. Amat disayangkan Pihak Samsung Elektronik Indonesia (SEIN) maupun Samsung Global belum memberikan respon resmi dan solusi terkait permasalahan ini. Meskipun sudah disarankan mengupdate firmware terbaru XXUEMJ5 namun ternyata sama sekali tidak berpengaruh.

Seharusnya Samsung segera memberikan problem solving terhadap masalah ini sehingga ponsel yang bermasalah apakah cukup update firmware, diperbaiki di service center atau replacement.  Jangan sampai Garansi 1 tahun habis dan tidak ada solusi terkait masalah yang sangat fatal ini. Samsung dinilai terlalu lama dan tidak segera merespon permasalahan ponsel Samsung Galaxy S4 ini.  Dengan harga yang premium, Samsung Galaxy S4 ini cukup  mengecewakan.

Semoga review dan sharing pengalaman menggunakan Samsung Galaxy S4 ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s