Gua Pindul – Mari Kita Jaga Bersama agar Alam Memberikan Berkah & Manfaat Jangka Panjang

goa pindul

Liat foto ini kita merasa SENANG tapi KHAWATIR.  Ini adalah kawasan wisata Gua Pindul. Kenapa SENANG, karena wisata di Jogja khususnya Gunung Kidul berkembang dengan didatangi banyak pengunjung, tentunya sangat baik bagi pengembangan ekomomi lokal. Namun disisi lain kita juga patut KHAWATIR, ketika obyek wisata alam yang patut kita jaga dan lestarikan ekosistemnya tereksploitasi secara berlebihan demi mengejar faktor ekonomi.

Ribuan orang berkunjung ke Gua Pindul ini secara terus-menerus, tentunya keberadaan manusia dalam jumlah yang sangat besar akan berpotensi menggangu bahkan dapat merusak kondisi lingkungan goa yang sudah terbentuk ribuan tahun. Oleh karena itu perlu adanya pengaturan. Sesuatu yang tidak diatur atau dikelola dengan baik maka tidak akan memberikan kemanfaatan jangka panjang. Selain itu juga demi faktor kenyamanan dan keselamatan para pengunjung. Jangan sampai kita bersikap reaktif setelah terjadi resiko atau kerugian.

Kita semua harus peduli,  Gua Pindul perlu mendapatkan perhatian khusus. Semoga para pengelola wisata disana juga memperhatikan kekhawatiran ini. Kita juga sangat senang jika daerah Gunung Kidul yang terkenal dengan gersang tapi menyimpan kekayaan obyek wisata alam yang luar bisa dapat diberdayakan sehingga mengangkat citra Jogja sebagai kota wisata dan juga menumbuhkan perekonomian dan kehidupan masyarakat sekitar.

Marilah kita bersahabat dengan alam supaya kita bisa harmonis dekat dengan Alam yang memberikan berkah untuk kita. Silahkan kawan-kawan berpendapat bersama KOTA JOGJA untuk JOGJA LEBIH BAIK.

Salam Go Green.

Ayo berbaiklah dengan Alam!

Yuda W Putra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s