MMM itu bukan Investasi tetapi Money Game. Hati-hati dana Anda!

mmm

Sekarang heboh berita tentang MMM (Mavrodi Mondial Moneybox atau Manusia Membantu Manusia). Dia menawarkan keuntungan 30% per bulan dari uang yang disetor. Sangat tidak masuk akal untuk ukuran investasi. Cara kerja sistemnya member yang memberi bantuan orang lain (Provide Help) maka pada bulan berikutnya akan mendapat bantuan (Get Help) 30% lebih besar dari bantuannya. Misal dia mentransfer dana 10jt maka dalam satu bulan berikutnya dia akan menerima transferan 10jt+30%nya =13jt.

Jelas seperti ini adalah money game (permaianan uang), bukan investasi dan bukan juga MLM. Karena MLM ada produknya. Ini bukan investasi karena MMM tidak melakukan investasi dari dana itu ke instrumen investasi seperti emas, saham, reksadana, dll sehingga dana mereka berkembang. Hanya sebatas transfer mentransfer saja. Jadi dia memberikan keuntungan hanya dari duit yanga ada cuman putar sana sini. Nanti liat saja ketika Get Help lebih besar dari Provide Help maka sistem akan kacau, cash flow berantakan, orang yang mau narik dana akan seret. Penipuan pun bisa terjadi dengan mudah karena para member diminta setor ke rekening yang ditunjuk oleh sistem. Suatu saat dana itu dikumpulkan pada rekening-rekening owner kemudian duit dibawa kabur..

Jadi kayaknya siap2 saja akan dengar berita tentang kasus penipuan investasi. Ada temen yg ikutan seperti itu sudah diwarning tapi merasa happy dengan uang yang dia terima. Jika berlanjut rakus maka bakal gigit jari. Biasanya orang yang masih sempat merasakan keuntungan money game adalah orang-orang yang bermain di awal dan kemudian dia berhenti menarik dana. Namun biasanya ketika untung dengan mudah dan cepat membuat orang tamak dan tidak mau lepas dari sistem, malah menaruh dana lebih besar kemudian akhirnya menjadi korban.

Waspadai kalau ada investasi yang jauh diatas rate deposito bank. Deposito bank skg ini kisaran 7-11% per thn. Jelas dia tidak bankable sehingga terpaksa cari dana dari luar bank. Meski perusahaan sudah lama jangan mudah percaya, contoh Cipaganti yang bisnis lebih dari 10 tahun ternyata investasinya bermasalah. Dana nasabah yang bermasalah hingga 5 Trilyun. Owner sudah dipenjara..ntar klo dia bunuh diri mau nuntut kesiapa hayoo…

#yukmelekinvestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s