BluxPit UGM Gowes Bandung Jogja 400 km

Dalam rangka menyambut Dies Natalis Universitas Gadjah Mada ke 65, S3Gama UGM klub komunitas sepeda di UGM menyelenggarakan Gowes BluxPit dengan rute Bandung – Jogja dengan jarak tempuh 400 kilometer pada tanggal 12 sd 14 Desember 2014. Pada tahun sebelumnya juga diadakan event serupa Audax Surabaya – Jogja 325 kilometer.

Eko Sutrisno HP selaku Humas BluxPit, menyampaikan bahwa pada BluxPit 2014 ini jumlah peserta tercatat mencapai120 orang. Dengan peserta memiliki latar belakang yang bermacam-macam. Ada dari alumni UGM, dosen, pensiunan, atlit sepeda dan juga umum. Bahkan ada peserta dengan usia lebih dari 60 tahun. Sepeda yang digunakan juga dari berbagai tipe sepeda seperti roadbike, MTB, federal dan juga sepeda lipat (seli).

Etape pertama Jumat, 12 Desember 2014 dengan rute Bandung – Banjar menempuh jarak 140 km. Acara pembukaan dihadiri oleh Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua Kagama selaku juga Gubenur Jawa Tengah Ganjar. Pada etape pertama ini peserta melalui rute dengan tanjakan berat seperti di Malangbong. Peserta finish di Banjar untuk bermalam.

Pada hari Sabtu, 13 Desember 2014 peserta melanjutkan etape kedua dengan rute Banjar – Purworejo dengan jarak tempuh 190 km. Rute ini juga dirasakan berat karena jarak tempuh yang cukup jauh, selain itu cuaca kurang bersahabat. Peserta juga harus melibas hujan di perjalanan dan harus berhati-hati dengan jalan-jalan yang berlobang. Namun peserta BluxPit UGM 2014 dapat menyelesaikan dengan baik. Ketika memasuki kota Kebumen, peserta BluxPit disambut acara ramah tamah oleh Wakil Bupati Kebumen dan Ketua Kagama Cabang Kebumen di Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Etape terakhir hari Minggu, 14 Desember 2014 peserta melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta dengan jarak tempuh 70 km. Peserta mendapat sambutan dari Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo di Rumah Dinas Bupati yang berada di alun-alun wates. Peserta singgah sebentar menikmati hidangan yang sudah disediakan. Kemudian tidak lama kemudian peserta melanjutkan perjalanan menuju kampus UGM. Pada etape ini Peserta BluxPit juga disambut dan oleh puluhan Goweser dari Wates dan Jogja yang ikut menyambut kedatangan di Alun-Alun Wates.

Sekitar pukul 09.00 peserta sampai di UGM yang saat ini juga sedang diadakan berbagai rangkaian acara Dies Natalis UGM ke 65. Peserta Gowes mendapatkan sambutan meriah dari ratusan penonton yang sudah menunggu kedatangan Tim Gowes BluxPit. Selanjutnya para peserta gowes BluxPit naik ke podium mendapatkan medali yang dikalungkan oleh Rektor UGM Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D dan piagam penghargaan. Tercatat ada 80 peserta yang melakukan gowes penuh dari Bandung hingga Jogja.

Disampaikan oleh Ketua BluxPit dan Komunitas S3Gama Bapak Mitrabani, secara keseluruhan acara BluxPit UGM 2014 400 km berjalan dengan lancar dan terselesaikan dengan baik. Acara ini juga didukung oleh berbagai sponsor untuk mendukung penyelenggaraan event ini. Dengan keberhasilan acara BluxPit 2014 ini direncanakan tahun depan akan ada event gowes yang lebih seru dan menantang lagi. (kotajogja.com/yuda)

One thought on “BluxPit UGM Gowes Bandung Jogja 400 km

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s