Pemahaman loyalitas pelanggan sebenarnya tidak hanya dilihat dari transaksi nya saja atau pembelian berulang (repeat customer). Ada beberapa ciri sebuah pelanggan bisa dianggap loyal. Antara lain :
-
Pelanggan yang melakukan pembelian ulang secara teratur
-
Pelanggan yang membeli untuk produk yang lain ditempat yang sama
-
Pelanggan yang mereferensikan kepada orang lain
-
Pelanggan yang tidak dapat dipengaruhi oleh pesaing untuk pindah
Customer loyal merupakan invisible advocate bagi kita. Mereka akan berupaya membela produk kita dan secara sukarela akan selalu berusaha merekomendasikan kepada orang lain. Secara otomatis word of mouth akan bekerja. Contoh : seorang ibu yang merasa puas dengan susu bayi tertentu. Maka suatu saat meskipun dia sudah tidak menyusui dia dengan semangatnya akan menganjurkan susu yang dia pakai tersebut.
Sedangkan dimensi loyalitas ada 4 yaitu : Transaction, Relationship, Partnership dan Ownership. Bahwasanya ketika pelanggan loyal, maka tidak hanya mereka keinginan bertransaksi tetapi juga berelasi, menjalin kerjasama bahkan mungkin ingin “memiliki”. Misalkan dengan membeli saham/obligasi.
Loyalitas pelanggan merupakan kekuatan kita dalam menciptakan barrier to new entrans (menghalangi pemain baru masuk). Dalam rangka menciptakan cusomer loyalty maka perusaaan harus berpikir untuk dapat menciptakan customer satisfaction terlebih dahulu. Salah satunya yaitu melalui Relationship Marketing yang tidak hanya mengutamakan pada bagaimana menciptakan penjualan saja tetapi bagaimana mempertahankan pelanggan dengan dasar hubungan kerjasama dan kepercayaan supaya tercipta kepuasan pelanggan yang maksimal dan sustainibility marketing
Ditulis oleh,
Yuda Wicaksana Putra
saya ingin tau pengertian dari loyalitas pelanggan, untuk menyelesaikan skripsi saya.
piye to mba, kalo mengubah dari first time buyer ke repeat buyer dan customer loyal..
diantos walerana. its make me pleasure 🙂
thx 🙂
loyalitas pelanggan berhubungan tidak dengan promotion tools?
terutama dengan events&experience?
Pak, saya boleh tau buku2 yg berhubungan dengan loyalitas pelanggan ini?
untuk teori2 untuk penulisan skripsi saya
thx
pak..
Saya sedang mengerjakan skripsi yang berhubungan dengan loyalitas…
Saya membutuhkan beberapa definisi tentang loyalitas,tapi saya tidak menemukan buku-buku yang berisikan tentang definisi loyalitas tersebut…
Bapak bisa bantu?
terima kasih
saya ingin lebih tau dengan loyalitas pelanggan untuk menyelesaikan tugas akhir saya atau buku atau referensi nya bleh tau apa gak. terimakasih.
mas yuda saya boleh kutip tulisanny y buat tugas saya…. tq
that right.
thanks atas pengetahuannya.
saya mau tanya, teori loyalitas pelanggan ini asalnya dari teori siapa yaa ? kl judul bukunya apa yaa ? makasih .
Saya meu tanya teori loyalitas pelanggan to siapa saja….?Nama bukunya ap…?Mohon bantuannya buat penulisan skripsi saya
Makacih.
mas, klo Transaction, Relationship, Partnership dan Ownership itu teori siapa ya????
pak minta tolong ada gak buku yang menjelaskan tentang loyalitas dalam pekerjaan
Mohon maaf saya lama gak bisa update blog karena lupa data akun. Mungkin saya bisa share salah satu jurnal yang lumayan lengkap terkait dimensi loyalitas pelanggan dari salah satu sumber jurnal dari luar. Semoga bisa membantu bagi yang sedang mengkerjakan skripsi/thesis
Berikut link nya :
https://ymanajemen.wordpress.com/2013/09/11/153/
Right here is the perfect blog for everyone who hopes to understand this topic.
You know so much its almost tough to argue with you (not
that I really will need to…HaHa). You certainly put a brand new spin on a topic that has been written about
for a long time. Great stuff, just excellent!